LIKE FACEBOOK TRENDBATIK, DAPATKAN DISKON 15%

Tips Merawat Batik

Jpeg

Batik sudah menjadi trend fashion saat ini, pengguna dan peminatnya juga dr semua kalangan masyarakat. Usia juga tidak membatasi minat dan ketertarikan tentang fashion batik ini. Karena sekarang desain fashion batik sangatlah beragam dan modis. Tetapi mungkin belum banyak orang mengetahui cara merawat koleksi pakaian batik kesayangan mereka agar warnanya tetap awet.

Berikut tips cara merawat koleksi batik kesayangan Anda versi Trendbatik:

  1. Tahap mencuci: Saat mencuci pakaian batik gunakanlah cairan khusus seperti lerak atau shampoo, larutkan cairan (lerak) atau shampoo hingga tidak ada bagian yang mengental, dan celupkan pakaian batik. Mencuci batik cukup dengan di kucek lembut pada bagian yang kotor saja. Jika batik tidak terlalu kotor, cukup rendam di air hangat. Hindari mencuci batik dengan menggunakan deterjen dan mesin cuci.
  2. Tahap menjemur: Saat menjemur pakaian batik hindari terkena matahari langsung, jemurlah di tempat yang teduh atau di angin-anginkan saja hingga kering.
  3. Tahap menyetrika: Hindari menyetrika secara langsung. Setrikalah bagian dalam kain/baju batik atau lapisi dengan kain lain. JIka kain/baju batik tampak kusut, cairan pelicin pakaian juga bisa digunakan selama tidak merusak pakaian batik Anda.
  4. Tahap penyimpanan: Pada saat penyimpanan pakaian batik di lemari, hindari menggunakan kapur barus atau sejenisnya, karna zat padat itu sangat keras sehingga dapat merusak pakaian batik Anda. Gunakan merica/lada yang dibungkus dengan tissue dan letakkan di sudut lemari pakaian, atau letakkan akar wangi yang sudah dua kali melalui proses pencelupan dalam air panas dan dijemur hingga kering.

Sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi untuk merawat koleksi batik kesayangan anda. Semoga tips ini dapat bermanfaat bagi para pembaca setia blok Trendbatik. Dengan senang hati kami selalu terbuka dan menunggu Ide-ide serta saran dari para pembaca setia blog Trendbatik. Terima Kasih đŸ˜‰

Share this post
  ,