LIKE FACEBOOK TRENDBATIK, DAPATKAN DISKON 15%

Tips Membedakan Batik Tulis, Cap dan Print

2BatikMaking

Ketertarikan masyarakat dengan kain batik saat ini sangat meningkat, itu terbukti dengan tingginya permintaan untuk batik tulis dan batik cap. Saat ini kebutuhan pasar batik dipenuhi dengan tekstil bermotif batik atau biasa disebut dengan batik print yang diproduksi dalam jumlah besar oleh perusahaan-perusahaan tekstil. Tentunya harga yang ditawarkan juga sangat beragam, sesuai dengan tingkat kerumitan dan proses pembuatan serta kwalitas dari kain batik tersebut. Hal ini mungkin masih sangat awam bagi masyarakat untuk dapat membedakan mana batik tulis, mana batik cap dan juga batik print.

Berikut ini sekilas bagaimana cara membedakan antara batik tulis, cap dan print versi Trendbatik

A. Batik Tulis

62780_large

Batik tulis dianggap memiliki prestise lebih tinggi dibanding batik cap dan print, karena proses pengerjaannya dilakukan secara manual satu persatu dengan menggunakan cairan malam yang digoreskan melalui canting di pemukaan kain. Jadi tidaklah heran jika harga yang ditawarkanpun jauh lebih tinggi, sesuai dengan tingkat kerumitan pembuatannya. Ciri khas yang terdapat pada batik tulis:

  1. motifnya tidak bisa sama persis dalam satu lembar kain dengan lembar kain yang lainnya, dikarenakan batik tulis dibuat secara manual
  2. Warna dan motif pada baik tulis terlihat sama antara permukaan depan dan belakang kain.
  3. Memiliki aroma khas karna menggunakan pewarna alami, seperti kulit kayu teger untuk, daun tom dan akarnya untuk warna biru, kulit kayu tingi ubtuk warna hitam, dan kayu jambal untuk warna cokelat.
  4. Waktu yang dibutuhkan untuk pembuatan batik tulis relatif lebih lama, sekitar 3 sampai 6 bulan lamanya.
  5. Harga batik tulis berkisar dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

B. Batik Cap

Batik-Cap

Batik cap bisa dikatakan berada di antara batik tulis dan print. Meskipun menggunakan cairan malam, motifnya dibuat dengan menggunakan lempengan besi dengan ukuran pola yang baku. Dengan cara mencelupkan lempengan besi kedalam cairan malam dan kemudian ditekan dan dicapkan ke atas kain. Ciri khas yang terdapat pada batik cap:

  1. Motif nya cendrung sama dan berulang.
  2. Warna pada bagian depan kain lebih terang dibanding dengan bagian belakang kain.
  3. Memiliki aroma cairan malam yang khas.
  4. Waktu yang dibutuhkan untuk pengerjaan batik cap relatif lebih cepat dibanding dengan pengerjaan batik tulis.
  5. Harga batik cap relatif lebih murah dibanding dengan batik tulis, dikarenakan biasanya di produksi dalam jumlah banyak dan memiliki kesamaan satu dengan yang lainnya.

C. Batik Print

02

Batik print atau printing adalah salah satu jenis hasil proses produksi batik yang teknis pembuatannya melalui proses printing mesin pabrik. Hal ini dilakukan karena semakin meningkatnya pamor batik dan meningkatnya permintaan batik. Para pengusaha melihat celah untuk memproduksi batik print yang waktu dan proses pembuatannya lebih cepat dan mudah dibanding dengan batik tulis dan cap. Maka tak heran jika harga jualnya pun jauh lebih murah. Ciri khas yang terdapat pada batik print:

  1. Motif batik print sangat rapi dan simetris, bahkan tergolong sempurna.
  2. Warna pada batik print kebanyakan tidak tembus karena proses pewarnaannya satu sisi saja, yaitu pada bagian depan kain.
  3. Tidak memiliki aroma khas yang santer.
  4. Harganya tergolong murah

Demikianlah tips membedakan batik tulis, cap dan print versi Trendbatik. Semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca setia blog Trendbatik. Terima Kasih. ­čśë

*foto diambil dari: rikamalia.tumblr.com, southerngirltravels.com, dan okezone.com.

Share this post
  ,